Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat


Stretch-MarkWanita terkadang stres menghadapi yang satu ini. Yup, stretchmark. Apa sih stretchmark itu? Bagaimana cara menghilangkan stretch mark ? Untuk anda yang belum mengerti istilah kata Stretch mark, stretch mark adalah garis-garis atau guratan yang mempunyai warna merah muda yang biasanya terjadi dikulit kita (paling banyak ditemukan diarea perut). Guratan ini jika hanya didiamkan dan tidak diatasi, maka lama kelamaan akan berubah warna menjadi garis / guratan berwarna putih.

Stretch mark terbentuk ketika kulit meregang secara berlebihan dalam periode yang lama, yang mengakibatkan kerusakan kolagen dan elastin di lapisan kulit dermis. Ditandai garis-garis pada kulit dengan panjang dan lebar yang bervariasi. Warnanya bergantung pada warna alami kulit, dapat berupa garis-garis coklat kemerahan, agak ungu tua atau cokelat gelap. Seiring berjalannya waktu warna memucat memutih atau putih keperakan. Pada tahap awal warnanya kemerahan, timbul dan kadang disertai rasa gatal. Stretch mark dapat muncul di bagian tubuh manapun, tapi umumnya di perut, pinggul, payudara, lengan atas, paha, dan bokong.

bio-oil

Stretch Mark sering sekali terjadi pada ibu-ibu yang sedang hamil, hal ini juga dianggap tidak berbahaya dan wajar-wajar saja. Biasanya stretch mark akan mulai timbul saat si ibu mengandung di usia 4-5 bulan dan timbulnya stretch mark juga dibarengi oleh rasa gatal. Namun bagi si ibu yang memiliki kulit yang elastis hal ini tidak akan terjadi.

Stretch mark disebabkan beberapa hal berikut di antaranya:

  • Kehamilan. Hormon yang dihasilkan selama kehamilan melembutkan ligamen serta melembutkan serat kulit. Hal ini meningkatkan kemungkinan berkembangnya stretch mark.
  • Perubahan berat badan secara drastis, dari kurus ke gemuk atau sebaliknya. Misalnya diet ketat dalam periode yang lama.
  • Kebiasaan memakai korset atau baju yang sangat ketat sehingga menyebabkan trauma kulit.
  • Diduga adanya peran substrat hormon glukokortikoid. Hal ini terkait makanan dengan kalori yang berlebihan. Biasanya sering muncul pada anak-anak atau remaja yang mengonsumsi makanan tinggi kalori dan jarang bergerak aktif.
  • Muncul selama pubertas. Pada masa pubertas, laju pertumbuhan tubuh dan hormon pada remaja sangat cepat. Dengan demikian, lapisan kulit dermis bertambah bebannya. Biasanya pada tubuh remaja perempuan akan muncul stretch mark di payudara, paha, lengan dan pinggul. Sedangkan laki-laki di bagian pinggang, lengan atas dan belakang lutut.
  • Kurang makan sayur dan buah. Gizi tidak seimbang, ditambah banyaknya konsumsi karbohidrat (tinggi kalori). Sehingga kolagen sulit terbentuk kalau gizi tidak seimbang.
  • Binaraga, peregangan kulit yang disebabkan oleh pembesaran ukuran otot.
  • Dan semua kondisi yang menghambat sintesis kolagen di kulit.

Stretchmark bisa sangat mengganggu penampilan, namun untungnya ada beberapa cara menghilangkan stretchmark antara lain:

  • Rajin mengoleskan minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan pelembab non-allergenic setelah mandi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin A, C dan E untuk menjaga kulit segar,
  • memenuhi kebutuhan protein terutama albumin yang cukup untuk kolagen kulit terjaga selama kehamilan. Contoh menu cukup banyak mengandung albumin dan telur lele putih. Buah-buahan segar untuk sumber vitamin alami seperti jeruk, stroberi, tomat dan sebagainya.
  • Air minum yang memadai perlu untuk menjaga kulit segar dan elastis.
  • Bagi wanita yang tidak hamil harus menghindari obesitas atau berat badan tiba-tiba dan meningkatkan gaya hidup sehat dengan mengatur kembali jadwal latihan fisik,
  • Perhatikan rajin mengkonsumsi makanan diet dan minuman yang mengandung vitamin A. C dan E.
  • Gunakan pelembab kulit yang aman pada tubuh. Sebisa mungkin tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung obat steroid dalam jangka panjang.
  • Tindakan lebih lanjut untuk mengatasi teknik strechmark dapat dilakukan dengan microdermabrasion, chemical peeling dan operasi laser oleh dokter kulit. Tapi ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, karena dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

bio-oil

Sedikit tips yang bisa untuk mencegah terjadinya stretch mark dikulit saat hamil.

  • Jaga Elastisitas Kulit Tubuh
    Caranya dengan meningkatkan elastisitas kulit, melalui makan-makanan yang mengandung vitamin tinggi dan mineral. (memperbanyak konsumsi air putih, buah dan sayuran
  • Usahakan kulit tubuh tetap lembab
    Untuk menjaga agar kulit tetap lembab gunakanlah lotion khusus untuk kulit. Atau krim khusus untuk perawatan stretch mark kulit.
  • Perawatan khusu setelah melahirkan
    Ketika anda habis melahirkan,usahakan anda merawat kulit dengan jenis minyak alami, seperti: minyak zaitun, atau minyak cendana.

 

 


Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.