Guava – Buah jambu biji merah penuh manfaat


guavaJambu biji merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan gizi. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki nama ilmiah Psidium guajava. Jambu biji memiliki rasa yang manis, aroma menggoda dan menyegarkan membuat buah ini banyak disukai oleh kita terutama jambu merah biji. Jambu biji merah termasuk buah yang menjadi salah satu favorit bagi banyak orang, namun diantara mereka kadang tidak begitu paham akan khasiatnya sehingga banyak pula orang yang kurang begitu tertarik akan jambu biji merah, padahal perlu diketahui pula bahwa banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat dalam buah ini bagi kesehatan.

Jambu biji sangat kaya vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen. Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji.

  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • karbohidrat12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • kalsium14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat besi 1,1 mg
  • Vitamin A25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Manfaat jambu biji merah antara lain sebagai berikut:

  1. Pencegahan Kanker

Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Zat likopen adalah senyawa kartenoid yang biasa disebut dengan zat anti kanker.Zat ini biasanya terkandung dalam buah buahan berwarna merah termasuk jambu biji merah. Zat ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai pencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindung tubuh dari berbagai macam jenis penyakit, terutama kanker. Dari kanker leher rahim, kanker prostat, kanker usus, dan kanker lambung.

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.

  1. Bermanfaat Sebagai Desinfektan dan Anti Bakteri

Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji merah, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak dan Saraf

Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

  1. Sebagai Pengokoh Kekebalan Tubuh dan Penangkal Radikal Bebas

Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah – buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

  1. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin A dan flavonoid

Sumber Vitamin A dan flavonoid itu diantaranya seperti beta-karoten, Zat likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

  1. Membantu Mengontrol Detak Jantung dan Tekanan Darah

Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 gram berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

  1. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

 

TOKO SUPLEMEN DAN VITAMIN HARGA DISKON


Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.