Tips Memilih Pelembab Wajah


pretty woman3Di era modern sekarang ini, penampilan adalah hal mutlak yang harus dijaga. Tidak hanya oleh kaum hawa, kaum adam pun juga sangat memperhatikan penampilan. Salah satunya adalah wajah. Wajah adalah bagian terpenting yang harus dijaga agar tampil menarik karena merupakan pusat perhatian orang. Wajah cantik dan ganteng saja tidak cukup untuk membuat wajah menarik. Maka dari itu kita harus merawat wajah agar terlihat menarik. Agar wajah terlihat menarik, tidak perlu harus secantik Putri Kecantikan atau masuk dalam daftar Pria tertampan, namun pemilihan pelembab wajah yang tepatlah yang menjadi salah satu kuncinya. Tentu biaya perawatan wajah dengan menggunakan pelembab, itu lebih hemat dan efektif ketimbang harus pergi ke salon.

Peran pelembab sebagai salah satu cara untuk menjaga kondisi kulit agar senantiasa sehat dan terawat sangatlah tepat karena sesuai dengan fungsinya. Pelembab dibuat memang untuk membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit. Bentuk pelembab itu sendiri memang bermacam-macam, dari bentuk dasarnya sebagai krim, ada yang krim ringan smpai krim yang sangat kental, semua tergantung dari kandungan minyak dan gliserinnya. Oleh karena itu, perlu kiranya kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana caranya memilih pelembab wajah, dalam hal ini wajah terdiri dari beberapa jenis kulit yang berbeda, sehingga memerlukan treatment yang berbeda dalam memilih dan menggunakan pelembab. Berikut merupakan klasifikasi kulit wajah dan cara memilih pelembab yang cocok dan tepat.

  1. Kulit Normal

Bersyukurlah bila Anda termasuk orang-orang yang memiliki jenis kulit normal. Karena Anda dapat menggunakan semua jenis pelembab yang tersedia. Anda hanya perlu memilih pelembab dengan pH netral. Selain itu, Anda hanya perlu memilih pelembab yang sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Misalnya, hanya untuk melembutkan kulit, atau untuk mencerahkan kulit. Anda menyeseuaikannya dapat sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

  1. Kulit Kering

Apabila setelah memakai pelembab dan anda masih merasa kulit kering, maka pelembab anda bisa saja mempunyai kadar air yang terlalu sedikit. Hal ini akan menyebabkan kulit anda terasas angat perih dan juga ketat. Anda harus mencoba untuk menggunakan pelembab yang berupa krim karena mempunyai tekstur lebih berat. Apabila masih belum berhasil, coba gunakan pelembab serum. Anda juga harus memastikan untuk lebih sering menggunakan pelembab lotion apabila tinggal di daerah yang lebih panas.

  1. Kulit Berminyak

Apabila kita tinggal di wilayah Indonesia yang mempunyai iklim tropis, dengan suhu udara yang tinggi dapat menimbulkan kulit wajah sering berminyak, dan terlihat mengkilap. Sebaiknya anda tidak menggunakan pelembab pada kondisi panas tersebut. Namun, apabila anda sering berada di ruangan yang ber AC, kulit wajah menjadi mudah kering. Oleh karena itu, pelembab yang cocok digunakan pada kulit yang demikian adalah pelembab jenis oil free atau tanpa minyak. Silahkan anda gunakan pelembab tersebut pada bagian-bagian kulit yang terasa kering.

  1. Kulit Berjerawat

Apabila ketika menggunakan pelembab dan malah menimbulkan jerawat pada wajah anda, kemungkinan besar jenis pelembab yang anda gunakans alah karena terlalu berat untuk jenis kulit anda. Cobalah menggunakan pelembab dengan tekstur yang jauh lebih ringans eperti pelembab cream ataupun lotion dan gel. Pastikan pula anda melihat label yang tertera pada kemasan pelembab. Water based akan sangat cocok untuk kulit berjerawat karena menggunakan air. Apabila menggunakan minyak, wajah anda bisa semakin berjerawat. Tulisan non comedogenic pada kemasan pelembab juga sangat berguna untuk jenis wajah anda yang berjerawat.

  1. Kulit Sensitif

Biasanya ciri-ciri kulit yang sensitif adalah apabila menggunakan pelembab yang tidak cocok, maka akan menimbulkan bercak merah dan kulit akan terasa panas. Hal itu merupakan reaksi alergi pada kulit karena ketidakcocokan pelembab terhadap kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk kulit sensitif hendaknya menggunakan pelembab yang cocok dan tepat yang mana ditujukan untuk kulit sensitif. Jangan memilih pelembab yang menggunakan bahan pengawet, pewangi, pewarna buatan, dan bahan sensitif lainnya.

TOKO ONLINE SUPLEMEN DAN KOSMETIK


Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.